Minggu, 31 Januari 2010

Buah Hasil dari Kikir

Mungkin banyak yang heran, mengapa saya meletakkan tulisan dengan tema kikir ini. Namun, bulan ini, januari 2010, merupakan bulan awal dari tahun rekonstruksi hati. Amien. Selain itu, pada bulan ini aku mendapatkan suatu hidayah yang amat luar biasa. Hidayah itu berupa ilmu dalam menangani hidup ini yang semakin rumit. Aku jadi tahu bagaimana langkahku selanjutnya. Ku teringat akan makalah yang pernah aku dan teman-teman buat dan yang telah membuatku bisa mengambil hikmah kehidupan. Hal ini merupakan ilmu yang patut dibagi menurutku. Karena itu untuk langkah awal tahun ini, mari kita buka dengan gerakan anti kikir dulu. Agar tujuan hidup kita semakin di ridhoi-Nya. Berikut merupakan latar belakang permasalahannya:

Agama islam merupakan agama tersempurna di Dunia, agama yang paling benar,dan agama yang mendapat ridho Allah. Oleh sebab itu agama Islam selalu mengajarkan kepada umatnya,tidak hanya masalah ibadah,namun juga masalah muammalah. Agama Islam juga membekali kita dengan Al Quran dan Al Hadist,sebagai pedoman hidup ummat Islam. Dalam masalah muammalah misalnya,Islam melarang umatnya untuk bersikap tidak terpuji kepada sesama manusia. Mengenai sifat kikir,Islam sangat mengecam umatnya yang bersikap kikir.Karena perilaku kikir dapat merusak hubungan sosial bermasyarakat,lebih-lebih Ukhuwah Islamiah antar muslim seluruh dunia.
Sebenarnya definisi Kikir adalah merupakan sebuah sikap mental yang harus kita jauhi. Sikap mental kikir selain akan mendatangkan kerugian bagi orang lain, juga akan menjerumuskan diri sendiri ke lembah kehinaan. Oleh karena itulah, Rasul Allah Muhammad saw mengajarkan, agar kita selalu berdoa, mohon kehadirat Allah SWT, dilindungi dari memiliki sikap mental kikir dan sikap mental lain yang merugikan. Oleh sebab itu,seyogyanya kita menjauhi perilaku kikir dalam kehidupan sehari hari. Karna banyak sekali ayat-ayat yang melarang manusia untuk bersikap kikir. Yang lebih menakutkan lagi adalah ancaman neraka bagi mereka yang bersifat bakhil. Wahai umat Islam selamatkanlah dirimu dari sifat kikir,karena kikir itu adalah penyakit hati,dan sungguh manusia yang hatinya dijangkiti oleh sifat kikir adalah manusia yang hina. Dan nerakalah yang cocok bagi orang orang yang kikir.

Tidak ada komentar: