Rabu, 14 April 2010

Makna Blog

(Tulisan ini ditulis dalam rangka petualanganku menempuh ujian praktek TIK MAN Jember 1 2010)



Blog adalah kependekan dari Weblog (Jorn Barger,1997). Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan para pemilik blog. Blog yang pada mulanya merupakan “catatan perjalanan” seseorang di Internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik dan kemudian berkembang. Kini blog banyak berisi pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada isu yang berkembang.

Dari isi blog tadi biasanya blog kemudian menjadi jendela yang memungkinkan kita “mengintip” isi kepala dan kehidupan sehari-hari dari pemiliknya. Blog adalah cara mudah untuk mengenal kepribadian seseorang Blogger. Topik-topik apa yang disukai dan tidak dia sukai, apa yang dia pikirkan, apa tanggapannya pada suatu isu. Seluruhnya biasanya tergambar jelas dari Blog-nya.

Blog dapat pula dikategorikan sebagai e-learning. Sebuah blog dapat dijadikan media belajar interaktif. Misalnya sebuah komunitas guru disebuah sekolahan rame-rame membuat blog yang isinya enyangkut mata pelajaran yang dimamou masing-masing guru. Kemudian ada siswa yang mengakses blog tersenut, si siswa mengisi comment dib log, sehingga terjadi komunikasi dalam sebuah blog tanpa dibatasi sebuah protokoler antara guru dan murid. Blog juga dapat menjadi media untuk mengungkapkan usul,komentas dan uneg-uneg serang siswa tentang system pengajaran yang ada disekolah, sehingga pihak guru dan sekolah bias meningkatkan kinerja mereka sesuai yang diharapkan para peserta didik dalam hal ini adalah siswa sekolah.

Dengan semakin berkembangnya zaman maka Blog-pun juga semakin berkembang. Jika dahulu mengiklankan sebuah produk perusahaan dengan menggunakan media cetak atau pamphlet dan poster, maka sekarang mempromosikan sebuah produk dapat menggunakan blog yang murah meriah dan gratis. Blog juga dapat dijadikan sebagai media promosi sebagai seorang penulis untuk memasarkan bukunya. Dengan blog seorang fotografer dapat menjual karya fotografinya.


Pustaka:
http://urip.wordpress.com/

Tidak ada komentar: